Aula R. Soeprapto


Merupakan ruangan serba guna yang dimiliki Kejaksaan Negeri Banjarmasin. Ruangan ini cukup luas dan sering digunakan berbagai kegiatan, baik kegiatan internal maupun kegiatan eksternal Kejaksaan Negeri Banjarmasin. Nama dari Aula ini adalah Aula R. Soeprapto, yang merupakan Jaksa Agung Republik Indonesia pada masa periode tahun 1951 hingga 1959.


Sekilas tentang R. Soeprapto, beliau lahir 27 Maret 1897 dengan ayah seorang Controlleur pajak di Trenggalek, Jawa Timur. Kemudian, Soeprpato menamatkan ELS (Europesche Lagere School) pada tahun 1914 dan melanjutkan studi ke Sekolah Hakim di Batavia, selesai tahun 1920. Selepas proklamasi kemerdekaan Indonesia dan pindah ibukota ke Yogyakarta hingga memperoleh kedaulatan pada 27 Desember 1949, Soeprapto tetap bekerja di pengadilan Keresidenan Pekalongan. Hingga Indonesia kembali lagi ke Jakarta pada tahun 1950 yang sejak 1920 berkarier di kehakiman, mulai memasuki kamar penuntut umum.

Atas jasa-jasa dan perjuangannya menegakkan citra kejaksaan, R. Soeprapto ditetapkan sebagai Bapak Kejaksaan Republik Indonesia. Patungnya kini tegak berdiri di halaman depan Gedung Kejaksaan Agung, di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. R. Soeprapto, akhirnya menutup mata pada tanggal 2 Desember 1964 di Jakarta, dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata.